RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
Tema
Kelas/ Semester
Waktu
Hari, tanggal
|
:
:
:
:
:
|
SDN Sembungharjo 03
Permainan
I ( satu )/ 2 ( dua )
1 X pertemuan ( 30 menit )
|
I.
STANDAR KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
4. Memahami
wacana lisan tentang benda – benda di sekitar dan dongeng
Matematika
4. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan
masalah
IPA
4. Mengenal
berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari.
II.
KOMPETENSI DASAR
4.1. Mengulang
deskripsi tentang benda sekitar
4.1. Membilang
banyak benda
4.1. Membebedakan
gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui
percobaan
III.
INDIKATOR
1.
Menyebutkan ciri – ciri benda yang mudah bergerak
2.
Menyebutkan ciri – ciri benda yang sulit bergerak
3.
Mendeskripsikan benda di sekitar
4.
Menuliskan lambang bilangan 21 sampai dengan 40
5.
Membaca lambang bilangan 21 sampai dengan 40
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati percobaan yang dilakukan teman, siswa dapat menyebutkan dua
ciri benda yang mudah bergerak
2.
Dengan mengamati percobaan yang dilakukan teman, siswa dapat menyebutkan dua
ciri benda yang sulit bergerak
3.
Melalui permainan monopoli siswa dapat menceritakan gambar
permainan dengan kalimat yang runtut
4.
Melalui permainan monopoli siswa dapat menuliskan laambang
bilangan 21 – 40
5.
Melalui permainan monopoli siswa dapat mmembaca lambang
bilangan 21 – 40
Karakter siswa
yang diharapkan:
Ketelitian,
kerjasama, keberanian
V.
METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Model Pembelajaran:
Student Teams Achievments Devision ( STAD )
-
Metode :
1.
Tanya jawab
2.
Demonstrasi
3.
Diskusi kelompok
VI.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Benda – benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak
2.
Deskripsi benda
3.
Menulis lambang bilangan
VII.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan Awal ( 5
menit )
1.
Mengondisikan sikap duduk anak
2.
Menyanyikan lagu “....”
3.
Melakukan tanya jawab seputar permainan yang pernah dilakukan
siswa
4.
Memotivasi siswa agar mengikuti pembelajaran dengan semangat
B.
Kegiatan Inti ( 20 menit )
1.
Guru membentuk kelompok yang anggotanya 3 – 4 orang (
elaborasi )
2.
Masing – masing kelompok mengamati percobaan yang dilakukan
temannya ( eksplorasi )
3.
Siswa berdiskusi dalam kelompok ( elaborasi )
4.
Siswa membaacakan hasil diskusi ( elaborasi )
5.
Penyimpulan hasil diskusi ( konfermasi )
6.
Siswa melakukan permainan monopoli (eksplorasi )
7.
Siswa menuliskan lambang bilangan yang ditemuinya ( elaborasi
)
8.
Siswa membaca lambang bilangan yang ditemuinya ( elaborasi )
9.
Siswa membuat dua kalimat tentang benda yang ditemui (
elaborasi )
10.
Guru memberikan umpan balik dengan memberikan kesempatan
siswa bertanya ( konfirmasi )
C.
Kegiatan Akhir ( 5 menit )
1.
Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2.
Pelaksanaan evaluasi
3.
Melakukan tindak lanjut berupa PR.
VIII.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
A.
Media :
1.
Bola, dadu, yoyo, boneka, bola bergigi
2.
Kelereng, bintang
3.
Gambar monopoli ( permainan lain )
B.
Sumber Belajar
1.
Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia I SD, Penulis : H
Suyatno, penerbit BSE
2.
RetorikaMembaca ,Penulis : Drs. Haryadi, M. Pd.
3.
Terampil Matematika I SD, Penulis : Tri Handoko, Penerbit
Erlangga
4.
Asyiknya Belajar IPA I SD, Penulis: Sholehudin dkk, Penerbit
BSE
5.
Tematik 2 Kelas I, Penulis: Hilda dkk, Penerbit Erlangga
6.
Modul PLPG 2012 , Penulis Tim Serifikasi Guru Rayon 112
IX.
PENILAIAN
A.
Proses Penilaian
1.
Dalam proses
2.
Akhir
B.
Jenis Penilaian
1.
Lisan
2.
Tertulis
C.
Bentuk Penilaian: Esay
D.
Alat Penilaian, soal – soal terlampir
|
Semarang,
27 Mei 2012
Guru Kelas I | |
Lampiran 1
BAHAN AJAR
Coba kamu
perhatikan ketika temanmu menggelindingkan :
Ø Bola sepak dan dadu monopoli
Ø Yoyo dan boneka
Ø Bola bergerigi dan bola karet/
plastik
Ø Bentukbintangdanlingkaran
( tutupkaleng )
Kelompok benda –
benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak !
Benda yang mudah
bergerak
Ø Bola sepak
Ø Yoyo
Ø Lingkaran (
tutupkaleng )
Benda yang sulit
bergerak
Ø Dadu monopoli
Ø Boneka
Ø Bentukbintang
1.
Mengapa benda – benda tersebut mudah bergerak?
Ø Karena bentuknya bulat dan
permukaannya halus
2.
Mengapa benda – benda tersebut sulit bergerak?
Ø Karena bentuknya tak
beraturan dan permukaannya kasar
3.
Sekarang mainkan monopoli di bawah ini !
4.
Tuliskan lambang bilangan dimana poinmu mendarat!
Misalnya mendarat diangka 25, kemudian bacalah lambang
bilangan tersebut!
5.
Ceritakan gambar yang ada dalam nomor itu!, misalnya
|
Ini
yoyo
Yoyo
tebuat dari kayu
Bentuknya
bulat pipih
Dimainkannya
dengan tali
|
|
Ini
sepeda
Rodanya
ada tiga
Bergerak
dengan dikayuh
|
Lampiran 2
Media Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3
Lembar Kerja Diskusi Siswa
Petunjuk Kegiatan:
1.
Amatilah gerak benda yang akan digelindingkan temanmu!
2.
Berlah tanda cek ( V ) pada kolom yang tersedia
No.
|
Nama
Benda
|
Mudah
bergerak
|
Sulit
bergerak
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
Bola sepak
Dadu monopoli
Boneka
Yoyo
Kelereng
Bintang
Lingkaran
Bola bergerigi
|
|
|
Simpulan:
1.
Ada benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak
2.
Benda yang mudah bergerak contohnya ....
3.
Benda yang mudah bergerak bentuknya ... dan permukaannya ....
4.
Benda yang mudah bergerak contohnya ....
5.
Benda yang sulit bergerak bentuknya... dan permukaannya ....
Nama
Kelompok :
Anggota
: 1.
2.
3.
Lampiran 4
Kisi – kisi Penulisan Soal
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Ranah
|
No.
soal
|
IPA
Mengenaal
berbagai bentuk energi manfaatnya dalam kehidupan
|
Membedakan
gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak
|
.Memberi contoh benda yang
mudah bergerak
.Memberi contoh benda yang
sulit bergerak
.Menyebutkan ciri benda yang
mudah bergerak
.Menyebutkan ciri benda yang
yang sulit bergerak
|
C2
C2
C2
C2
|
1
2
3
4
|
Matematika
Melakukan
penjumlahan dan penguraangan bilaangan sampai dua angka dalam pemecahan
masalah
|
Membilang
baanyak benda
|
.Membaca
lambang bilangan 21 – 50
.Menulis
lambang bilangan 21 – 50
|
C2
C2
|
5
6-7
|
Bahasa
Indonesia
Memahami
wacana lisan tentang benda – benda di sekitar
|
Mengulang
deskripsi tentang benda sekitar
|
.Membuat
kalimat berdasarkan gaambar
|
C4
|
8
|
Lampiran 5
LEMBAR SOAL TES TERTULIS
Nama Siswa :
No. Urut :
A.
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Bola adalah contoh benda yang ... bergerak.
2.
Contoh benda yang sulit bergerak adalah ....
3.
Benda mudah bergerak jika bentuknya ... dan permukaannya ....
4.
Benda sulit bergerak jika bentuknya ... daan permukaannya
....
5.
Lambang bilangan 36 dibaca ....
B.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar !
6.
Tuliskan lambang bilangan duapuluh lima!
7.
Tuliskan lambang bilangan empatpuluh !
8.
Tuliskan 3 kalimat sederhana gambaar di bawah ini!
Gambar yoyo
Lampiran 6
KUNCI JAWABAN
A.
1. Mudah
2. dadu
3. Bulat ( lingkaran ), halus
4. Kotak ( tak beraturan ) kasar
5. Tigapuluh enam
B.
6. 25
7. 40
8. Yoyo mainanku
Terbuat dari kayu
Cara memainkannya
dengan tali
Lampiran 7
PEDOMAN PENILAIAN
A.
No. 1 – 5 jawaban benar skor
1
B.
No. 6 –7 jawaban benar skor
2
No. 8 jawaban
lengkap skor
3
Jawaban kurang lengkap skor 2
Skor maaksimal
yang diperoleh adalah 12
Nilai = skor
yang diperoleh x 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar