Kamis, 07 Juni 2012

Ayo Belajar Jadi Guru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
Tema
Kelas/ Semester
Waktu
Hari, tanggal
:
:
:
:
:
SDN Sembungharjo 03
Permainan
I ( satu )/ 2 ( dua )
1 X pertemuan ( 30 menit )


I.                    STANDAR KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
4. Memahami wacana lisan tentang benda – benda di sekitar dan dongeng
Matematika
4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah
IPA
4. Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari.

II.                  KOMPETENSI DASAR
4.1. Mengulang deskripsi tentang benda sekitar
4.1. Membilang banyak benda
4.1. Membebedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan

III.                INDIKATOR
1.      Menyebutkan ciri – ciri benda yang mudah bergerak
2.      Menyebutkan ciri – ciri benda yang sulit bergerak
3.      Mendeskripsikan benda di sekitar
4.      Menuliskan lambang bilangan 21 sampai dengan 40
5.      Membaca lambang bilangan 21 sampai dengan 40

IV.                TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati percobaan yang dilakukan teman, siswa dapat menyebutkan dua ciri benda yang mudah bergerak
2.      Dengan mengamati percobaan yang dilakukan teman, siswa dapat menyebutkan dua ciri benda yang sulit bergerak
3.      Melalui permainan monopoli siswa dapat menceritakan gambar permainan dengan kalimat yang runtut
4.      Melalui permainan monopoli siswa dapat menuliskan laambang bilangan 21 – 40
5.      Melalui permainan monopoli siswa dapat mmembaca lambang bilangan 21 – 40

Karakter siswa yang diharapkan:
Ketelitian, kerjasama, keberanian

V.                  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-          Model  Pembelajaran: Student Teams Achievments Devision ( STAD )
-          Metode :
1.      Tanya jawab
2.      Demonstrasi
3.      Diskusi kelompok

VI.                MATERI PEMBELAJARAN
1.      Benda – benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak
2.      Deskripsi benda
3.      Menulis lambang bilangan

VII.              LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      Kegiatan Awal  ( 5 menit )
1.      Mengondisikan sikap duduk anak
2.      Menyanyikan lagu “....”
3.      Melakukan tanya jawab seputar permainan yang pernah dilakukan siswa
4.      Memotivasi siswa agar mengikuti pembelajaran dengan semangat

B.      Kegiatan Inti ( 20 menit )
1.      Guru membentuk kelompok yang anggotanya 3 – 4 orang ( elaborasi )
2.      Masing – masing kelompok mengamati percobaan yang dilakukan temannya ( eksplorasi )
3.      Siswa berdiskusi dalam kelompok ( elaborasi )
4.      Siswa membaacakan hasil diskusi  ( elaborasi )
5.      Penyimpulan hasil diskusi ( konfermasi )
6.      Siswa melakukan permainan monopoli (eksplorasi )
7.      Siswa menuliskan lambang bilangan yang ditemuinya ( elaborasi )
8.      Siswa membaca lambang bilangan yang ditemuinya ( elaborasi )
9.      Siswa membuat dua kalimat tentang benda yang ditemui ( elaborasi )
10.  Guru memberikan umpan balik dengan memberikan kesempatan siswa bertanya ( konfirmasi )

C.      Kegiatan Akhir ( 5 menit )
1.      Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2.      Pelaksanaan evaluasi
3.      Melakukan tindak lanjut berupa PR.

VIII.            MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
A.      Media :
1.      Bola, dadu, yoyo, boneka, bola bergigi
2.      Kelereng, bintang
3.      Gambar monopoli ( permainan lain )
B.      Sumber Belajar
1.      Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia I SD, Penulis : H Suyatno, penerbit BSE
2.      RetorikaMembaca ,Penulis : Drs. Haryadi, M. Pd.
3.      Terampil Matematika I SD, Penulis : Tri Handoko, Penerbit Erlangga
4.      Asyiknya Belajar IPA I SD, Penulis: Sholehudin dkk, Penerbit BSE
5.      Tematik 2 Kelas I, Penulis: Hilda dkk, Penerbit Erlangga
6.      Modul PLPG 2012 , Penulis Tim Serifikasi Guru Rayon 112

IX.                PENILAIAN
A.      Proses Penilaian
1.      Dalam proses
2.      Akhir
B.      Jenis Penilaian
1.      Lisan
2.      Tertulis
C.      Bentuk Penilaian: Esay
D.     Alat Penilaian, soal – soal terlampir
                                                       
Semarang, 27 Mei 2012
 Guru Kelas I
  







Lampiran 1
BAHAN AJAR
Coba kamu perhatikan ketika temanmu menggelindingkan :
Ø  Bola sepak dan dadu monopoli
Ø  Yoyo dan boneka
Ø  Bola bergerigi dan bola karet/ plastik
Ø  Bentukbintangdanlingkaran ( tutupkaleng )
                              Kelompok benda – benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak !
                              Benda yang mudah bergerak
Ø  Bola sepak
Ø  Yoyo
Ø  Lingkaran ( tutupkaleng )
                             Benda yang sulit bergerak
Ø  Dadu monopoli
Ø  Boneka
Ø  Bentukbintang
1.      Mengapa benda – benda tersebut mudah bergerak?
Ø  Karena bentuknya bulat dan permukaannya halus
2.      Mengapa benda – benda tersebut sulit bergerak?
Ø  Karena bentuknya tak beraturan dan permukaannya kasar
3.      Sekarang mainkan monopoli di bawah ini !
4.      Tuliskan lambang bilangan dimana poinmu mendarat!
Misalnya mendarat diangka 25, kemudian bacalah lambang bilangan tersebut!
5.      Ceritakan gambar yang ada dalam nomor itu!, misalnya
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT2BF3foWb9ZiCHjs04JdkHyo1NDukFT-aLucVifsND1hJn4p3GBQ
Ini yoyo
Yoyo tebuat dari kayu
Bentuknya bulat pipih
Dimainkannya dengan tali



http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTvtV0FYFpwdad8JbbDjInuhslUtaO9z1l5a6ijptHTjFDSi1zyhA
Ini sepeda
Rodanya ada tiga
Bergerak dengan dikayuh






Lampiran 2
Media Pembelajaran
http://1.bp.blogspot.com/_wPXhUnYSKTI/SpVnWFFFYCI/AAAAAAAAEFg/2LmaYJQkA5E/s400/bola.png
http://arisandi.com/wp-content/uploads/2011/04/dadu.jpg
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT2BF3foWb9ZiCHjs04JdkHyo1NDukFT-aLucVifsND1hJn4p3GBQ
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSN6DkjdhRWDego9dK5Bd5iOtAF53taVVu7Qb8j9uxQwwAYcXbZBSAJwxzi4gHsM1ASuF5d_hsmb14HDnj44cDSjEUb7xnuT7CqWCdbVzzc6UQUexDkEOU4ClLdxA9H8-MJ_4AnkUZ3YGR/s1600/1352299_boneka41.jpg

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSDzLr4Qf6OYgCG5a1nGtE39fqkA-0zuUdc8t-FtR1n6uLZvw_bNA
http://www.monde.co.id/product/co15.jpg
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ4gzwA988P63IH-k6E6c0NIvIycAT2X2WkCeOI57u9KD_Rvafa
http://w30.indonetwork.co.id/pdimage/02/2492202_ball.jpg

Lampiran 3
Lembar Kerja Diskusi Siswa
Petunjuk Kegiatan:
1.      Amatilah gerak benda yang akan digelindingkan temanmu!
2.      Berlah tanda cek ( V ) pada kolom yang tersedia
No.
Nama Benda
Mudah bergerak
Sulit bergerak

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

Bola sepak
Dadu monopoli
Boneka
Yoyo
Kelereng
Bintang
Lingkaran
Bola bergerigi


Simpulan:
1.      Ada benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak
2.      Benda yang mudah bergerak contohnya ....
3.      Benda yang mudah bergerak bentuknya ... dan permukaannya ....
4.      Benda yang mudah bergerak contohnya ....
5.      Benda yang sulit bergerak bentuknya... dan permukaannya ....
Nama Kelompok :
Anggota : 1.
                   2.
  3.

Lampiran 4
Kisi – kisi Penulisan Soal
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator

Ranah

No. soal
IPA
Mengenaal berbagai bentuk energi manfaatnya dalam kehidupan

Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak

.Memberi contoh benda yang mudah bergerak
.Memberi contoh benda yang sulit bergerak
.Menyebutkan ciri benda yang mudah bergerak
.Menyebutkan ciri benda yang yang sulit bergerak


C2

C2

C2

C2

1

2

3

4
Matematika
Melakukan penjumlahan dan penguraangan bilaangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah


Membilang baanyak benda

.Membaca lambang bilangan 21 – 50
.Menulis lambang bilangan 21 – 50

C2

C2

5

6-7
Bahasa Indonesia
Memahami wacana lisan tentang benda – benda di sekitar

Mengulang deskripsi tentang benda sekitar

.Membuat kalimat berdasarkan gaambar

C4

8



Lampiran 5
LEMBAR SOAL TES TERTULIS
Nama Siswa :
No. Urut       :
A.      Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Bola adalah contoh benda yang ... bergerak.
2.      Contoh benda yang sulit bergerak adalah ....
3.      Benda mudah bergerak jika bentuknya ... dan permukaannya ....
4.      Benda sulit bergerak jika bentuknya ... daan permukaannya ....
5.      Lambang bilangan 36 dibaca ....
B.      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar !
6.      Tuliskan lambang bilangan duapuluh lima!
7.      Tuliskan lambang bilangan empatpuluh !
8.      Tuliskan 3 kalimat sederhana gambaar di bawah ini!
Gambar  yoyo
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT2BF3foWb9ZiCHjs04JdkHyo1NDukFT-aLucVifsND1hJn4p3GBQ




Lampiran 6
KUNCI JAWABAN
A.      1. Mudah
2. dadu
3. Bulat ( lingkaran ), halus
4. Kotak ( tak beraturan ) kasar
5. Tigapuluh enam

B.      6. 25
7. 40
8. Yoyo mainanku
    Terbuat dari kayu
     Cara memainkannya dengan tali




Lampiran 7
PEDOMAN PENILAIAN
A.      No. 1 – 5 jawaban benar                                                  skor 1
B.      No. 67 jawaban benar                                                   skor 2
No. 8        jawaban lengkap                                              skor 3
                  Jawaban kurang lengkap                                skor 2
Skor maaksimal yang  diperoleh adalah 12

Nilai = skor yang diperoleh x 100
              Skor maksimal








Tidak ada komentar:

Posting Komentar