Jumat, 22 April 2011

benua


Permukaan bumi terdiri atas daratan dan lautan. Daratan di bumi terbagi menjadi tujuh benua sebagai berikut : Benua Asia, Benua Afrika, Benua Eropa, Benua Amerika Utara, Benua Amerika Selatan, Benua Australia, dan Benua Antartika. Dan samudra yang mengelilingi benua – benua adalah sebagai berikut : Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Arktik, dan Samudra Selatan.
A. Benua Asia
Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Berbatasan dengan Benua Eropa di barat dan Benua Afrika di tenggara. Wilayah utara mencakup sebagian besar Siberia. Wilayah tengah sebelah barat berupa dataran rendah. Dataran tinggi Tibet dan Cina dikelilingi Pegunungan Himalaya, Karakoram, Kunlun, Tian San, dan Hindukush. Di Pegunungan Himalaya terdapat sebuah gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest yang tingginya mencapai 8.856 meter. Contoh negara besar di Asia adalah Jepang dan Cina.
B. Benua Afrika
Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Bentukyan seperti sepatu bot, bagian utara lebih lebar dibanding bagian selatan. Terletak di sebelah selatan Benua Eropa dan Asia. Semenanjung Sinai dan Laut Merah memisahkan Benua Afrika dan Benua Asia. Wilayah bagian utara dan barat berupa dataran rendah. Wilayah bagian selatan dan timur berupa dataran tinggi. Terdapat Gurun Sahara (terluas di dunia), Kalahari, Namib, Libia, dan Arabia. Gunung Kilimanjaro (5.895 meter) merupakan gunung tertinggi di Afrika. Contoh negara besar di Afrika adalah Mesir dan Republik Afrika Selatan.
C. Benua Eropa
Wilayah Eropa merupakan gabungan dari beberapa semenanjung, yakni: Semenanjung Skandinavia, Semenanjung Daratan Utara Eropa, Semenanjung Balkan, Semenanjung Liberia dan Semenanjung Italia. Relief benua eropa berupa berupa pegunungan, Perbukitan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Pegunungan di Eropa antara lain Pegunungan Alpen, Pyrenees, Karpatia, Apennina dan Balkan. Gunung Elbrus (5.633 meter) merupakan gunung tertinggi di Eropa. Sungai di Eropa antara lain Sungai Rhine, Rhone, Ebro, Danube, dan Thomes. Contoh negara besar di Eropa adalah Inggris dan Jerman.
D. Benua Amerika Utara
Amerika Utara adalah benua terbesar ketiga didunia. Benua Amerika Utara dan Selatan dibatasi dengan tanah Genting Panama. Pegunungan Rocky adalah pegunungan utama di bagian barat. Pegunungan Appalachia adalah pegunungan utama di bagian timur. Lembah Mati / Death Valley (-86 meter) merupakan titik terendah di Amerika Utara. Danau Superior merupakan danau terbesar di Amerika Utara. Penduduk asli adalah bangsa Eskimo dan Indian. Contoh negara besar di Amerika Utara adalah Amerika Serikat.
E. Benua Amerika Selatan
Benua Amerika Selatan berbentuk seperti mangkuk. Pada bagian barat terdapat Pegunungan Andes serta Cordillera Occidental, Central, dan Oriental. Gunung Aconcagua (6.969 meter) merupakan gunung tertinggi di Amerika Selatan. Dataran rendah Amazon dan Orinoko terdapat di bagian timur laut. Dataran tinggi Brazil dan Mato Grasso terdapat di bagian timur. Dataran tinggi Patagonia terdapat di bagian selatan. Contoh negara besar di Benua Amerika Selatan adalah Brazil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar